Selamat Datang di Blog Langit Biru Pembaharu, semoga Kunjungan Anda Bermanfaat

AL-GHOZALI



A. Riwayat AL-GHOZALI
Beliau adalah seorang sufi yang mempunyai nama lengkap Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu Ahmad. Beliau di lahirkan di kurasan pada tahun 450 H.Beliau lebih dikenal dengan nama Al-Ghozali karena ayahnya seorang pekrja pemital wol atau karena beliau berasal dari desa Ghazalah.
Al Ghazali lahir di golongan keluarga yang taat menjalankan perintah agama membuat dirinya terdorong untuk mempelajari dan mendalami dan memahami lebih jauh tentang keislaman.Keinginan yang besar dia miliki untuk mendalami ilmu agama islam,membuat dia ingin belajar pada ulama ulama terkenal.Seperti Ahmad Ibnu Muhammad Alrazkani al Thusi,kemudian dia malanjutkan pendidikan ke lembaga yang di pimpin oleh Abu Nasr al Ismail Kemudian beliau belajar tentang ilmu tasawuf pada tokoh sufi yang bernama Syekh Yussuf al Nassaj.

Al Ghazali mempunyai sifat yang selslu merasa tidak puas dengna apa yang dimiliki.Sehingga beliau meninggalkan Thus untuk mencari ilmu ilmu dan memperluas pengetahuannya kepada tokoh tokoh sufi lainnya di berbagai kota diantaranya ialah :
1.      Kota Nasyapur di kota ini beliau medalami ajaran tasawuf  pada Abul Ma’al al juwwini dan belajar pada Syekh Abu Ali Fadhl Ibnu Muhammad Ibnu Ali al Farmadi.
2.      Kota Mu’adkar untuk mendalami ajaran tasawif dan mengikuti seminar yang diikuti oleh para ulama.Dan karena kecerdasannya beliau diangkat sebagai guru besar perguruan tinggi Nidzamiyah.
3.      Tahun 488 H pindah ke kota Damakus,dikota ini beliau hanya meluangkan waktunya untuk berdzikir pada Alloh dan mendekatkan diri ada Alloh.
4.      Beliau mendatangi Baitul Maqdis di palestina di kota ini beliau selalu memasuki Qubbatus untuk berdzikir.
5.       Setalah beliau puas di kota al khalil untuk berziarah pada makam bNabi Ibrahim,lalu beliau menunaikan ibadah haji dan berkunjung pada makam Nabi Muhammad SAW.
Akhir dari perjalanan hidupnya dan akhir dari kehidupannya.Beliau AL GHazali wafat dengan mandapatkan sebuah gelar Hujjatul Islam.Beliau meninggal dunia dengan tenang pada hari senin tanggal 14 jumadil Akhir tahun 505 H.
B.Keistimewaan Al Ghazali
Sebagai seorang Sufi yang terkemuka ada beberapa kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Al Ghazali antara lain :
a)      Beliau adalah seorang ulama yang mempunyai kemauanyang  sangat besar untuk mendalami ilmu-ilmu agama.
b)      Beliau pernah beritikaf pada puncak menara masjid Umawi sebelah barat,sepanjang hari dengan sedikit makan dan minum.
c)      Beliau adalah seorang ulama yang mengunjungi beberapa kota penting yang pernah sebagai pusat perkembangan ilmu tasawuf.
d)     Beliau adalah ulama yang mandapatkan gelat Hijjatul iaslam karena beliau memiliki kemampuan menghimpun akidah,syariah dan akhlak kedalam tasawuf sehingga manjadi salah satu hujjah yang menjadi tegaknya islam.
C. Pemikiran pemikiran Al Ghazali
Sebagai seorang sufi,Al Ghazali mempunyai beberapa pemikiran yang dikembangkan beliau :
a)      Antara maqam dan hal tidak begitu berbedadan hanya dikenali dengan perasaan.Apabila sudah mantapmaka ia berada dalam maqam dam apabila diamantap maka ia berada dalam hal. Setiap maqam dan hal mepunyai 3 unsur yaitu ilmu,rasa dan amal.
b)      Perjaan tasawuf seseorang adaah perjalananuntuk membersihkan diri dan menjernihkan hati.
c)      Hati ibarat cermin yang mampu menangkap makrifat ketuhanan.Kemempuan hati itu tergantung pada bersih dan beningnya hati itu sendiri.
d)     Seseorang yang sudah mencapai maqam musyahadah maka ia tidak memandang selain alloh dan tidak tahu selain dia.
e)      Ilmu mukasyafah hany dapat dipahami dengan baik dan sempurna oleh orang yang telah memasuki dunia tasawuf.
 
Support : Music Live | Timur Belambangan | Blogger Tips
Copyright © 2013. LANGIT BIRU PEMBAHARU - izal_zakaria All Rights Reserved
Template Modify by Blogger Tutorial
Proudly powered by Blogger